Susu kambing etawa memang terkenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini tidak terkecuali untuk bayi. Mengapa demikian? Karena ternyata di dalam susu kambing ini terdapat kandungan nutrisi yang sama dengan kandungan terdapat dalam Air Susu Ibu (ASI). Bahkan Rasulullah SAW pun juga menganjurkan untuk memberikan susu kambing kepada bayi.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para ibu untuk menggunakan susu kambing etawa sebagai pendambing ASI. Hal ini bukan berarti susu kambing bisa menggantikan peran ASI, namun susu kambing hanya sebagai pelengkap apabila ASI yang dibutuhkan oleh bayi belum tercukupi. Karena ASi merupakan nutrisi utama yang harus diberikan kepada bayi.

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Bayi

Susu kambing etawa  memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik apabila dibandingkan dengan susu yang lainnya. Tak hanya sebagai pendamping ASI, susu kambing etawa juga memiliki banyak mnafaat lain untuk perkembangan serta pertumbuhan bayi Anda, diantaranya ialah:

  1. Memiliki kandungan lemak yang lebih mudah dicerna

Susu kambing etawa memiliki lebih banyak jumlah asam lemak rantai pendek dan menengah. Oleh karena itu, enzim yang terdapat di dalam usus menjadi lebih mudah dalam mencernanya. Sehingga lemak yang terdapat dalam susu kambing etawa menjadi lebih mudah dicerna dan diubah menjadi sumber energi.

  1. Memiliki kandungan protein alergi yang lebih minim

Gumpalan protein yang terdapat dalam susu kambing etawa yang sebelumnya telah dibentuk oleh asam lambung, akan menjadi lebih mudah dicerna oleh bayi. Hal ini yang menyebabkan susu kambing mampu memberikan manfaat yang lebih khususnya bagi bayi yang sering mengalami gangguan pada sistem pencernaan, seperti sering mengalami muntah atau GER.

  1. Mempunyai lebih sedikit kandungan asam folat

Susu kambing etawa memiliki kandungan kalsium, vitamin A, vitamin B6, niasin, potassium, serta antioksidan yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan susu sapi. Meskipun demikian, susu kambing etawa memiliki kandungan asam folat yang lebih sedikit. Oleh karena itu, susu kambing ini baik apabila dikonsumsi oleh bayi.

  1. Memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit

Apabila dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing etawa mempunyai jumlah laktosa yang lebih sedikit, yaitu hanya sekitar 4,1 %. Hal ini berbeda dengan susu sapi yang mempunyai kandungan laktosa sebanyak 4,7 %. Oleh karena itu, apabila bayi mengonsumsi susu kambing, kemungkinan bayi mengalami intoleransi dengan laktosa menjadi lebih sedikit. Artikel terkait Susu kambing etawa untuk ibu hamil.

Susu kambing etawa skygoat bisa diberikan kepada bayi yang berusia diatas 1 tahun lebih. Pemberian susu kambing ini tentunya juga hanya sebagai pelengkap ASI, bukan sebagai pengganti ASI. Sekian beragam manfaat susu kambing etawa untuk bayi, semoga bermanfaat.